About

Selayang Pandang

Iqbal Al Ghifari

Nama saya adalah Mohammad Iqbal Al Ghifari Al Awalaien. Mempunyai nama panggilan Iqbal atau Ujang. Dari nama Ujang itu saya jadikan nama dunia maya  yaitu Uzanks. Mengapa ada nama panggilan anak laki-laki khas Sunda yang melekat pada saya? Karena saya ada darah Sunda dari Bapak, sedangkan Mama berasal dari Banjar.

Saya lahir di Kota Barabai, Kab. Hulu Sungai Tengah, Prov. Kalimantan Selatan. Selama 19 tahun saya menghabiskan masa kecil dan remaja di Barabai. Sejak 2009, pindah ke Kota Banjarbaru (Kalsel) untuk menimba ilmu di Perguruan Tinggi tertua yaitu Universitas Lambung Mangkurat. Saya kuliah di Program Studi Ilmu Komputer. Lulus mendapatkan gelar S.Kom (Sarjana Komputer) di tahun 2015.

Sehabis lulus, saya sempat bekerja freelancer dan pengajar kursus. Tahun 2016, bertepatan acara sensasional di Jakarta saya melaksanakan akad nikah dengan perempuan dari Barabai juga. Pada bulan Ramadhan 2017, saya kembali ke Barabai dan mencari pekerjaan disini, menyudahi petualangan saya di Kota Banjarbaru selama 8 tahun. Tepat setahun pernikahan, kami dikarunia anak laki-laki.

Blog & Internet Marketing

Dunia BLOG saya kenal sejak tahun 2009. Dimulai dari platform Blogspot saya pertama kali membuat blog yang dinamakan Jalannya Uzanks. Melalui wadah ini saya belajar menulis post, menambahkan kode-kode HTML dan CSS dasar, mengenal SEO (Search Engine Optimization) hingga mendapatkan duit dari review artikel.

Tidak hanya itu, dari blog lawas tersebut saya dikalangan teman kuliah dikenal sebagai Blogger dan ada beberapa teman mengikuti untuk membuat blog. Memang ketika kuliah, saat jadi Ketua Kelas untuk Mata Kuliah tertentu saya menggunakan blog untuk menaruh materi-materi yang diberi oleh dosen setelah perkuliahan selesai. Sehingga, kalau teman-teman nanya mana materinya saya suruh download di blog saya.

Selain itu, blog lawas ini mengantarkan saya menemukan wadah sesama blogger untuk bertukar pikiran, belajar dan bersenang-senang. Ya, sekitar tahun periode 2010-2011 bertemu teman-teman dari Komunitas Blogger Banua salah satu komunitas Blogger di Kalimantan Selatan, saat itu selain Blogger Banua ada juga Komunitas Blogger lain bernama Kayuh Baimbai. Disitulah perkenalan dengan blogger seperti Ayead Tergaptek, Nabil, Imam, Bang Ebo, Econ dan lain-lain.

Sempat di tahun 2012-2013, saya belajar PTR (Paid To Review) di Borneo Smart Center asuhan bang Fajeri, mang Iwan, bang Arief, mang Janggut, dan mbah Herrye. Selanjutnya ditempat yang sama juga, sekitar tahun 2014 ikut belajar Toko Online yang mendatangkan mentor bernama Agus Piranhamas dari Malang.

Dunia Blog dan Internet Marketing memang tidak bisa saya lepas sepenuhnya setelah bekerja setahun lebih di kantor. Saya pun tetap ingin konsisten kembali untuk menjalani dunia tersebut dan nantinya bisa fokus kerja online dari rumah.